MARI KITA SHARING RPP

Edi Suwaedi --->>> JADILAH MANUSIA YANG TERUS BELAJAR, KARENA ILMU TIDAK AKAN PERNAH ADA HABISNYA.

Kamis, 25 Maret 2010

PROGRAM REMEDIAL PENGENDALI ELEKTRONIK SMK

PROGRAM REMEDIAL

Mata Pelajaran : mengoperasikan mesin listrik dengan kendali elektronik
a. Tujuan Pengajaran Remedial
Tujuan pengajaran remedial aspek berbicara ini adalah menanggulangi kesulitan belajar 3 orang siswa SMK memahami gambar rangkaian kendali elektronik
Setelah mengikuti pengajaran remedial siswa diharapkan dapat :
• Memahami symbol-simbol elektronik
• Memahami cara kerja rangkaian.
• Dapat menggambar rangkaian dengan benar
• Dapat mempraktekan merangkaia pada project board
b. Program
Pokok bahasan : Membuat rangkaian sensor thermostat
Topik remdial : Menggambar dan praktek
Alokasi waktu : 120 menit
Kegiatan pembelajaran :
• Peserta remedial diberikan sebuah diagram tunggal pengontrol motor listrik 3 fasa yang digerakan oleh sensor panas
• Guru mengamati dan mengawasi pembuatan project work :
c. Strategi Perbaikan
• Siswa diberikan soal diagram tunggal pengendali motor 3 fasa
• Guru memonitor kegiatan siswa mengisi jawaban
d. Waktu
Hari : sabtu pukul 13.00-16.00 (selama 4 x 45 menit)
e. Tempat
Program ini dilaksanakan di bengkel karena bengkel dianggap tepat untuk melasanakan kegiatan remedial tersebut.
f. Alat atau Media
sensor panas, kontaktor, motor 3 fasa dan kabel-kabel (kebutuhan disesuaikan dengan materi dana tujuan kegiatan.

g. Evaluasi
pengamatan pembuatan project work berhasil atau tidak ?

Kamis, 04 Maret 2010

RPP pengendali peralatan listrik menggunakan elektronik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Sensor elektronik sebagai pengendali motor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami sensor photo resistor
 Siswa dapat memahami sensor thermistor
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor photo resistor
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor thermistor


D. Materi Pembelajaran :
 Pengendali motor listrik dengan sensor photo resistor
 Pengendali motor listrik dengan sensor photo thermistor


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor photo transistor
2) Menggambar rangkaian sensor thermistor
3) Menerangkan fungsi diagram sensor photo transistor
4) Menerangkan fungsi diagram sensor thermistor
5) Menerangkan prinsip kerja sensor photo transistor
6) Menerangkan prinsip kerja sensor thermistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas:

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 3 dan 4
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Sensor elektronik sebagai pengendali motor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami sensor Elektroda
 Siswa dapat memahami sensor metal
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor Elektroda
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor metal

D. Materi Pembelajaran :
 Pengendali motor listrik dengan sensor elektroda
 Pengendali motor listrik dengan sensor metal
 Menerangkan Cara kerja sensor Elektroda
 Menerangkan cara kerja sensor metal


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas







F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor elektroda
2) Menggambar rangkaian sensor metal
3) Menerangkan fungsi diagram sensor elektroda
4) Menerangkan fungsi diagram sensor metal
5) Menerangkan prinsip kerja sensor elektroda
6) Menerangkan prinsip kerja sensor metal


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
4. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor

D. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
5. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



6. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
7. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
8. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



I. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


J. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


K. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor

L. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


M. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
9. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





10. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
11. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

O. Sumber dan Media Belajar
12. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

P. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda

D. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
13. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





14. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
15. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
16. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



I. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


J. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


K. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal

L. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


M. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
17. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





18. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
19. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

O. Sumber dan Media Belajar
20. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

P. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 9 dan 10
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo resistor
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
21. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



22. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan photo resistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor photo resistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
23. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
24. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor photo resistor

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 11 dan 12
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo thermistor
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo thermistor

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor thermistor

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
25. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



26. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan thermistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor thermistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
27. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
28. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor thermistor

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 13 dan 14
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo elektroda
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo elektroda

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor elektroda

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
29. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



30. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan elektroda


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor elektroda
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
31. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
32. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor elektroda

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 15 dan 16
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo metal
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo metal

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor metal

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
33. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



34. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan metal


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor metal
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
35. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
36. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor metal

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009

RPP pengendali peralatan listrik menggunakan elektronik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Sensor elektronik sebagai pengendali motor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami sensor photo resistor
 Siswa dapat memahami sensor thermistor
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor photo resistor
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor thermistor


D. Materi Pembelajaran :
 Pengendali motor listrik dengan sensor photo resistor
 Pengendali motor listrik dengan sensor photo thermistor


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor photo transistor
2) Menggambar rangkaian sensor thermistor
3) Menerangkan fungsi diagram sensor photo transistor
4) Menerangkan fungsi diagram sensor thermistor
5) Menerangkan prinsip kerja sensor photo transistor
6) Menerangkan prinsip kerja sensor thermistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas:

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 3 dan 4
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Sensor elektronik sebagai pengendali motor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami sensor Elektroda
 Siswa dapat memahami sensor metal
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor Elektroda
 Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor metal

D. Materi Pembelajaran :
 Pengendali motor listrik dengan sensor elektroda
 Pengendali motor listrik dengan sensor metal
 Menerangkan Cara kerja sensor Elektroda
 Menerangkan cara kerja sensor metal


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas







F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor elektroda
2) Menggambar rangkaian sensor metal
3) Menerangkan fungsi diagram sensor elektroda
4) Menerangkan fungsi diagram sensor metal
5) Menerangkan prinsip kerja sensor elektroda
6) Menerangkan prinsip kerja sensor metal


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
4. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor

D. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
5. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



6. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
7. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
8. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



I. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


J. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


K. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor

L. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


M. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
9. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





10. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
11. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

O. Sumber dan Media Belajar
12. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

P. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda

D. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
13. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





14. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
15. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
16. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



I. Kompetensi dasar :
 Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


J. Indikator :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


K. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
 Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal

L. Materi Pembelajaran :
 Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


M. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas



N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
17. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





18. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
19. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

O. Sumber dan Media Belajar
20. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

P. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 9 dan 10
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo resistor
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
21. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



22. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan photo resistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor photo resistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
23. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
24. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor photo resistor

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 11 dan 12
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo thermistor
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo thermistor

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor thermistor

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
25. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



26. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan thermistor


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor thermistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
27. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
28. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor thermistor

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 13 dan 14
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo elektroda
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo elektroda

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor elektroda

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
29. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



30. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan elektroda


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor elektroda
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
31. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
32. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor elektroda

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 15 dan 16
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya


B. Indikator :
 Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor metal


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
 Siswa dapat menggunakan kontaktor
 Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
 Siswa dapat menggunakan motor listrik
 Siswa dapat menggunakan MCB
 Siswa dapat menggunakan Sensor photo metal
 Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo metal

D. Materi Pembelajaran :
 merangkai pengendali motor dengan sensor metal

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
33. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



34. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan metal


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor metal
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
35. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
36. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008

b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor metal

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian :


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009








Rabu, 03 Maret 2010

BAGI-BAGI MODUL BUAT SMK TEKNIK LISTRIK AND ELEKTRONIKA

MANUSIA YANG BERGUNA ADALAH YANG BERMANFAAT BAGI MANUSIA LAIN, ILMU YANG BERMANFAAT ADALAH ILMU YANGDI AMALKAN. NAH DARI PADA ITU SAYA MENCOBA MEMBAGI MODUL YANG SAYA MILIKI KEPADA REKAN GURU- SMK TEKNIK LITRIK MAUPUN ELEKTRONIK. YA.... MASIH BANYAK YANG KURANG SIH, KARENA BANDWITH SEKOLAH KECIL BANGET DIKASIHNYA. MOHON SABAR BAGI YANG BELUM KEBAGIAN. SILAHKAN LINK KE : WWW.SUWAEDI.CO.CC

RPP perakitan komputer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dan menguasai perakitan komputer berbasis windows
PERTEMUAN KE : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Menidentifikasi Arsitektur Personal Computer (PC)


B. Indikator :
 Mengidentifikasi arsitektur PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami blok diagram PC
 Siswa dapat Menjelaskan kerja PC
.

D. Materi Pembelajaran :
 Blok Diagram PC
 Prinsip Kerja PC


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar Blok diagram PC
2) Menerangkan fungsi blok diagram PC
3) Menerangkan prinsip kerja PC


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004

b) Alat-alat Perkakas: Gambar blok diagram PC

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dan menguasai Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 3 dan 4
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Mengidentifikasi Arsitektur PC


B. Indikator :
 Menidentifikasi komponen pembentuk PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat memahami fungsi setiap komponen PC
 Siswa dapat menunjukan komponen-komponen PC
.

D. Materi Pembelajaran :
 Fungsi Prossesor
 Fungsi mainboard
 Fungsi memori
 Fungsi VGA card
 Fungsi Sound Card


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran


2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menerangkan Fungsi Prossesor
2) Menerangkan Fungsi mainboard
3) Menerangkan Fungsi memori
4) Menerangkan Fungsi VGA card
5) Menerangkan Fungsi Sound Card


b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru (cara memakai alat ukur yang benar)

3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004

b) Alat-alat Perkakas: macam-macam komponen PC

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 5 dan 6
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Mengidentifikasi Arsitektur PC


B. Indikator :
 Mengidentifiasi spesifikasi teknik komponen PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menyebutkan spesifikasi komponen PC
 Siswa dapat mengetahui spesifikasi komponen PC
.

D. Materi Pembelajaran :
 Spesifikasi Prossesor
 Spesifikasi mainboard
 Spesifikasi memori
 Spesifikasi VGA card
 Spesifikasi Sound Card


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran


2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi PembelajaranMenerangkan
1) Menerangkan Spesifikasi Prossesor
2) Menerangkan Spesifikasi mainboard
3) Menerangkan Spesifikasi memori
4) Menerangkan Spesifikasi VGA card
5) Menerangkan Spesifikasi Sound Card

b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru

3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004


b) Alat-alat Perkakas: Komponen PC

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 7 dan 8
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merakit PC berbasis windows


B. Indikator :
 Mampu melakukan perakitan komputer PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menyebutkan sistem operasi pada komputer
 Siswa dapat memahami cara kerja sistem operasi
 Siswa dapat mengoperasikan komputer berbasis windows
.

D. Materi Pembelajaran :
 Sistem Operasi Windows 95
 Sistem Operasi Windows 98
 Sistem Operasi windows XP
 Sistem Operasi windows Vista


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk berdo’a
2. Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
3. Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




2. Kegiatan Inti
1. Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
a. Menerangkan keuntungan dan kerugian menggunakan sistem operasi windows 95
b. Menerangkan keuntungan dan kerugian menggunakan Sistem Operasi Windows 98
c. Menerangkan keuntungan dan kerugian menggunakan Sistem Operasi windows XP
d. Menerangkan keuntungan dan kerugian menggunakan Sistem Operasi windows Vista

2. Kegiatan Siswa
a. Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
b. Melakukan tanya jawab (inetraksi)
c. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
i. Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
ii. Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
iii. Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004

b) Alat-alat Perkakas: macam-mcam alat ukur

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 9 dan 10
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merakit PC berbasis windows


B. Indikator :
 Mampu mengintalasi software sistem operasi komputer PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat mengetahui prosedur penginstalan software sistem operasi pada komputer
 Siswa dapat memahami cara kerja penginstalan sistem operasi
 Siswa dapat mengoperasikan komputer berbasis windows
.

D. Materi Pembelajaran :
 Prosedur instalasi Sistem Operasi Windows 95
 Prosedur instalasi Sistem Operasi Windows 98
 Prosedur instalasi Sistem Operasi windows XP
 Prosedur instalasi Sistem Operasi windows Vista


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk berdo’a
2. Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
3. Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




2. Kegiatan Inti
1. Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
a. Menerangkan prosedur instalasi sistem operasi windows 95
b. Menerangkan prosedur instalasi Sistem Operasi Windows 98
c. Menerangkan prosedur instalasi Sistem Operasi windows XP
d. Menerangkan prosedur instalasi Sistem Operasi windows Vista

2. Kegiatan Siswa
a. Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
b. Melakukan tanya jawab (inetraksi)
c. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
i. Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
ii. Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
iii. Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004


b) Alat-alat Perkakas: macam-mcam alat ukur

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 11 dan 12
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merakit PC berbasis windows


B. Indikator :
 Mampu melakukan perakitan komputer PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat mengetahui prosedur perakitan komputer
 Siswa dapat memahami cara kerja sistem operasi
 Siswa dapat mengoperasikan komputer berbasis windows
.

D. Materi Pembelajaran :
 Prosedur perakitan komputer pentium 2
 Prosedur perakitan komputer pentium 3
 Prosedur perakitan komputer pentium 4


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk berdo’a
2. Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
3. Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




2. Kegiatan Inti
1. Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
a. Menerangkan prosedur perakitan komputer pentium 2
b. Menerangkan Prosedur perakitan komputer pentium 3
c. Menerangkan Prosedur perakitan komputer pentium 4


2. Kegiatan Siswa
a. Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
b. Melakukan tanya jawab (inetraksi)
c. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
i. Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
ii. Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
iii. Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004



b) Alat-alat Perkakas: macam-mcam alat ukur

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 13,14,15 dan 16
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit



A. Kompetensi dasar :
 Merakit PC berbasis windows


B. Indikator :
 Mampu melakukan perakitan komputer PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat melakukan perakitan komputer
 Siswa dapat memahami cara kerja sistem operasi
 Siswa dapat mengoperasikan komputer berbasis windows
.

D. Materi Pembelajaran :
 Perakitan komputer pentium 2
 Perakitan komputer pentium 3
 Perakitan komputer pentium 4


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk berdo’a
2. Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
3. Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




2. Kegiatan Inti
1. Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
a. Menerangkan perakitan komputer pentium 2
b. Menerangkan perakitan komputer pentium 3
c. Menerangkan perakitan komputer pentium 4


2. Kegiatan Siswa
a. Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
b. Melakukan tanya jawab (inetraksi)
c. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
i. Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
ii. Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
iii. Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004

b) Alat-alat Perkakas: macam-mcam alat ukur

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja

Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Perakitan Komputer Berbasis Windows)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Perakitan Komputer Berbasis Windows
PERTEMUAN KE : 17,18,19 dan 20
ALOKASI WAKTU : 4 x @ 45 menit

A. Kompetensi dasar :
 Merakit PC berbasis windows


B. Indikator :
 Mampu mengintalasi software sistem operasi komputer PC


C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat melakukan penginstalan software sistem operasi pada komputer
 Siswa dapat memahami cara kerja penginstalan sistem operasi
 Siswa dapat mengoperasikan komputer berbasis windows
.

D. Materi Pembelajaran :
 Instalasi Sistem Operasi Windows 95
 Instalasi Sistem Operasi Windows 98
 Instalasi Sistem Operasi windows XP
 Instalasi Sistem Operasi windows Vista


E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah
 Diskusi / Tanya Jawab
 Demonstrasi
 Pemberian tugas


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
1. Guru mengajak siswa untuk berdo’a
2. Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
3. Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran





2. Kegiatan Inti
1. Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
a. Melakukan instalasi sistem operasi windows 95
b. Melakukan instalasi Sistem Operasi Windows 98
c. Melakukan instalasi Sistem Operasi windows XP
d. Melakukan instalasi Sistem Operasi windows Vista

2. Kegiatan Siswa
a. Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
b. Melakukan tanya jawab (inetraksi)
c. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
i. Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
ii. Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
iii. Berdo’a penutup

G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Perekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 Depdiknas th 2008
- Modul Menginstalasi PC Depdiknas th 2004


b) Alat-alat Perkakas: macam-mcam alat ukur

2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart

H. Evaluasi / Penilaian : - Tes tertulis (terlampir)
- Unjuk kerja


Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran




Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009