Mata Pelajaran : Melakukan Pekerjaan Dasar Perbaikan Peralatan Rumah Tangga
Tingkat / Semester : X/ 1
Pertemuan Ke : 1 s/d 8
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Dasar Perbaikan Peralatan RT
Kompetensi Dasar : Mengetahui macam-macam peralatan rumah tangga
Indikator : - Penyediaan macam-macam peralatan listrik
- Pengamatan macam-macam peralatan listrik
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
1 Menyebutkan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan alat pemanas
2 Mengidentifikasi macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan alat pemanas.
3 Mengoperasikan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan alat pemanas sesuai dengan prosedur yang benar
4 Mengetahui fungsi dan kegunaan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunkanan alat pemanas
II. Materi Ajar :
1 Pengetahuan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan alat pemanas
2 Pengetahuan tentang alat pemanas Setrika
3 Pengetahuan tentang alat pemanas Kompor Listrik
4 Pengetahuan tentang alat pemanas Oven
5 Pengetahuan tentang alat pemanas Water Heater
6 Pengetahuan tentang alat pemanas Rice Cooker
7 Pengetahuan tentang alat pemanas Dispenser
8 Pengetahuan tentang alat pemanas Solder
III. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1 Kegiatan Awal :
a.Berdo’a
b.Absensi
c. Motivasi
2 Kegiatan inti :
a. Guru memberikan bimbingan belajar :
· Menjelaskan terjadinya panas pada peralatan rumah tangga yang terbuat dari pemanas
· Menjelaskan ayat pada PUIL yang berkaitan dengan alat pemanas
· Menjelaskan pengujian peralatan pemanas pada peralatan listrik rumah tangga
· Mendemonstrasikan cara mengoperasikan alat-alat pemanas
· Mendemonstrasikan cara Melaksanakan prosedur perbaikan peralatan pemanas pada peralatan listrik tumah tangga
b. Siswa melaksanakan kegiatan belajar :
· Menulis teori terjadinya panas pada peralatan lsitrik rumah tangga
· Menulis beberapa ayat tentang PUIL tentang alat-alat pemanas pada peralatan listrik rumah tangga
· Mencoba melaksanakan perbaikan peralatan pemanas pada alat rumah tangga
3. Kegiatan Akhir :
a. Membuat laporan praktik
b. Penutup
V. Sumber Belajar/Alat/Bahan :
1. Modul Dasar Perbaikan Peralatan Rumah Tangga
2. Buku-buku tentang PUIL
3. Alat Keselamatan Kerja
4. Panduan K3
VI. Penilaian :
1. Tugas :
a. Lakukan kegiatan observasi di rumah masing-masing tentang macam-macam alat pemanas listrik
b. Buatlah Karya tulis mengenai reparasi alat pemanas listrik.
c. Sebutkan nama dan fungsi alat pemanas water hetaer yang terdapat pada rumah tangga.
2. Tes Formatif :
a. Peralatan keselamatan kerja apakah yang harus dipakai jika kita merangkai alat pemanas kompor listrik.
Serang, 1 Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru Mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin M.Pd Edi Suwaedi S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Melakukan Pekerjaan Dasar Perbaikan Peralatan Rumah Tangga
Tingkat / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 9 s/d 18
Alokasi Waktu : 4 ( 4 x 45 menit )
Standar Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Dasar Perbaikan Peralatan RT
Kompetensi Dasar : Mengetahui macam-macam peralatan rumah yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
Indikator : - Penyediaan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
- Pengamatan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
1. Menyebutkan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
2. Mengidentifikasi macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
3. Mengoperasikan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa sesuai dengan prosedur yang benar
4. Mengetahui fungsi dan kegunaan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunkanan Motor listrik 1 Fasa
II. Materi Ajar :
1. Pengetahuan macam-macam peralatan rumah tangga yang menggunakan Motor listrik 1 Fasa
2. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa mixer
3. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa Blender
4. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa kipas angin
5. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa pengering tangan
6. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa pengering rambut
7. Pengetahuan tentang Motor listrik 1 Fasa Juicer
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya jawab
4. Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
b.Berdo’a
c. Absensi
d.Motivasi
2. Kegiatan inti :
a. Guru memberikan bimbingan belajar :
· Menjelaskan terjadinya putaran pada peralatan rumah tangga yang terbuat dari Motor listrik 1 Fasa
· Menjelaskan ayat pada PUIL yang berkaitan dengan Motor listrik 1 Fasa
· Menjelaskan pengujian Motor listrik 1 Fasa pada peralatan listrik rumah tangga
· Mendemonstrasikan cara mengoperasikan Motor listrik 1 Fasa
· Mendemonstrasikan cara Melaksanakan prosedur perbaikan Motor listrik 1 Fasa pada peralatan listrik tumah tangga
b. Siswa melaksanakan kegiatan belajar :
· Menulis teori terjadinya putaran pada peralatan listrik Motor listrik 1 Fasa
· Menulis beberapa ayat PUIL tentang alat-alat Motor listrik 1 Fasa pada peralatan listrik rumah tangga
· Mencoba melaksanakan perbaikan Motor listrik 1 Fasa pada alat rumah tangga
3. Kegiatan Akhir :
a. Membuat laporan praktik
b. Penutup
VII. Sumber Belajar/Alat/Bahan :
- Modul Dasar Perbaikan Peralatan Rumah Tangga
- Buku-buku tentang PUIL
- Alat Keselamatan Kerja
- Panduan K3
VIII. Penilaian :
1. Tugas :
a. Lakukan kegiatan observasi di rumah masing-masing tentang macam-macam Motor listrik 1 Fasa
b. Buatlah Karya tulis mengenai reparasi alat Motor listrik 1 Fasa.
c. Sebutkan nama dan fungsi alat pemanas juicer yang terdapat pada rumah tangga.
2. Tes Formatif :
a. Peralatan keselamatan kerja apakah yang harus dipakai jika kita merangkai Motor listrik 1 Fasa
Serang, 1 Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru Mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin M.Pd Edi Suwaedi S.Pd