RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Sensor elektronik sebagai pengendali motor
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami sensor photo resistor
Siswa dapat memahami sensor thermistor
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor photo resistor
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor thermistor
D. Materi Pembelajaran :
Pengendali motor listrik dengan sensor photo resistor
Pengendali motor listrik dengan sensor photo thermistor
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor photo transistor
2) Menggambar rangkaian sensor thermistor
3) Menerangkan fungsi diagram sensor photo transistor
4) Menerangkan fungsi diagram sensor thermistor
5) Menerangkan prinsip kerja sensor photo transistor
6) Menerangkan prinsip kerja sensor thermistor
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas:
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 3 dan 4
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Memahami macam-macam alat pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Sensor elektronik sebagai pengendali motor
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami sensor Elektroda
Siswa dapat memahami sensor metal
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor Elektroda
Siswa dapat menjelaskan cara kerja sensor metal
D. Materi Pembelajaran :
Pengendali motor listrik dengan sensor elektroda
Pengendali motor listrik dengan sensor metal
Menerangkan Cara kerja sensor Elektroda
Menerangkan cara kerja sensor metal
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian sensor elektroda
2) Menggambar rangkaian sensor metal
3) Menerangkan fungsi diagram sensor elektroda
4) Menerangkan fungsi diagram sensor metal
5) Menerangkan prinsip kerja sensor elektroda
6) Menerangkan prinsip kerja sensor metal
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
3) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
4. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor
D. Materi Pembelajaran :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
5. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
7. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
8. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
I. Kompetensi dasar :
Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
J. Indikator :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor
K. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor
L. Materi Pembelajaran :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor
M. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
9. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
11. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
O. Sumber dan Media Belajar
12. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
P. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda
D. Materi Pembelajaran :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
13. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
14. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
15. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
16. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
I. Kompetensi dasar :
Merencanakan macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
J. Indikator :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal
K. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan menggambar
Siswa dapat menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal
L. Materi Pembelajaran :
Menggambar rangkaian pengendali motor dengan sensor metal
M. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
N. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
17. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
18. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Menggambar rangkaian di buku atau di kertas HVS
3) Melakukan tanya jawab (inetraksi)
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
19. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
O. Sumber dan Media Belajar
20. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: Gambar diagram pengendali
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
P. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 9 dan 10
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor photo resistor
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
Siswa dapat menggunakan kontaktor
Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
Siswa dapat menggunakan motor listrik
Siswa dapat menggunakan MCB
Siswa dapat menggunakan Sensor photo resistor
Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor
D. Materi Pembelajaran :
merangkai pengendali motor dengan sensor photo resistor
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
21. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
22. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor photo resistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan photo resistor
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor photo resistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
23. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
24. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor photo resistor
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 11 dan 12
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor thermistor
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
Siswa dapat menggunakan kontaktor
Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
Siswa dapat menggunakan motor listrik
Siswa dapat menggunakan MCB
Siswa dapat menggunakan Sensor photo thermistor
Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo thermistor
D. Materi Pembelajaran :
merangkai pengendali motor dengan sensor thermistor
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
25. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
26. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor thermistor di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan thermistor
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor thermistor
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
27. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
28. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor thermistor
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 13 dan 14
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor elektroda
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
Siswa dapat menggunakan kontaktor
Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
Siswa dapat menggunakan motor listrik
Siswa dapat menggunakan MCB
Siswa dapat menggunakan Sensor photo elektroda
Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo elektroda
D. Materi Pembelajaran :
merangkai pengendali motor dengan sensor elektroda
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
29. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
30. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor elektroda di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan elektroda
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor elektroda
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
31. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
32. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor elektroda
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 CIKANDE
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
(Pengendali Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga Secara Elektronik)
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK LISTRIK INDUSTRI
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Motor Listrik
PERTEMUAN KE : 15 dan 16
ALOKASI WAKTU : 6 x @ 45 menit
A. Kompetensi dasar :
Merangkai macam-macam rangkaian pengendali elektronika daya
B. Indikator :
Merangkai rangkaian pengendali motor dengan sensor metal
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan peralatan bengkel
Siswa dapat menggunakan kontaktor
Siswa dapat menggunakan tombol pushbutton
Siswa dapat menggunakan motor listrik
Siswa dapat menggunakan MCB
Siswa dapat menggunakan Sensor photo metal
Siswa dapat merangkai pengendali motor dengan sensor photo metal
D. Materi Pembelajaran :
merangkai pengendali motor dengan sensor metal
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi / Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian tugas
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
33. Kegiatan awal
a) Guru mengajak siswa untuk berdo’a
b) Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran ( kebersihan dan kenyamanan ) serta mengecek presensi siswa
c) Guru memberikan motivasi siswa pada materi pembelajaran
d) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
34. Kegiatan Inti
a) Kegiatan Penyajian materi Pembelajaran
1) Menggambar rangkaian pengendali motor menggunakan dengan sensor metal di papan tulis
2) Merangkai rangkaian pengendali motor listrik menggunakan metal
b) Kegiatan Siswa
1) Menyimak/merespon serta mencatat penjelasan guru
2) Merangkai pengendali motor listrik listrik dengan sensor metal
3) Melakukan praktek
4) Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
35. Kegiatan Akhir
a) Menyimpulkan isi materi pelajaran yang telah dibahas
b) Informasi materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikut
c) Berdo’a penutup
G. Sumber dan Media Belajar
36. Sumber Belajar
a) Buku : - Modul Elektronika Analog Depdiknas th 2003
- Modul Sensor dan Tranduser Depdiknas th 2008
b) Alat-alat Perkakas: - Magnetik kontaktor
- Push button
- Kabel NYA
- Motor listrik
- Sensor metal
2. Media Belajar : - Papan tulis, kapur tulis
- Wall Chart
H. Evaluasi / Penilaian :
Serang, 14 Juli 2009
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Cikande Guru mata Pelajaran
Drs. Ahdi Saefudin, M.Pd Edi Suwaedi, S.Pd
NIP. 19580216 198003 1 008 NIP. 19791102 2007 01 1009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar