MARI KITA SHARING RPP

Edi Suwaedi --->>> JADILAH MANUSIA YANG TERUS BELAJAR, KARENA ILMU TIDAK AKAN PERNAH ADA HABISNYA.

Minggu, 29 Agustus 2010

RPP Merakit Perangkat Keras Komputer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 4 KOTA SERANG
MATA PELAJARAN : Kompetensi Kejuruan Elektronika Industri
KELAS/SEMESTER : XI / 3
ALOKASI WAKTU : 20 Menit
PERTEMUAN KE : 2
STANDAR KOMPETENSI : Merakit Perangkat Keras Komputer
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan prosedur perakitan perangkat keras komputer

I. INDIKATOR :
1. Siswa kelas XI semester 3 dapat menjelaskan cara memasang prosesor pada mainboard dengan tingkat pencapaian 100%
2. Siswa kelas XI semester 3 dapat menjelaskan cara memasang memori pada mainboard dengan tingakat pencapaian 100%
II. TUJUAN
1. Siswa dapat menjelaskan prosedur pemasangan prosesor pada main board.
2. Siswa dapat menjelaskan prosedur memasang memori pada mainboard dengan benar.
III. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Tanya Jawab
• Diskusi
• Pemberian Tugas
IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN/SKENARIO
• Siswa berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
• Guru mengulas kembali materi pada pertemuan sebelummnya untuk mengawali materi baru
• Guru menjelaskan tentang prosedur pemasangan prosesor pada mainboard dengan tayangan power poin dan film pendek
• Siswa menyimak dengan seksama
• Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok tiap kelompok 4 orang
• Guru membagikan lembar kerja kepada siswa untuk menuliskan kembali prosedur pemasangan prosesor dan ram sesuai dengan tayangan
• Siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasilnya.
• Guru menyimpulkan secara singkat tentang pemasangan prosesor dan ram
• Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mencari prosedur pemasangan peripeeral yang lain sebagai tindak lanjut
• Doa penutup

IV. MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Power poin, Mikroprosesor, memori, laptop, lcd proyektor
2. Sumber Belajar : Internet,

VI. PENILAIAN
- Tes Tertulis
Jakarta , Agustus 2010
Guru Mata Diklat,
Gunawan, S.Pd.
Kisi-kisi Soal
Level Kognitif Jumlah Soal %
C1 C2 C3 C4 C5 C6
1 1 1 40
2 2 1 60
Jumlah 2 100

Jawablah Pertanyaan berikut ini dengan benar.
1. Jelaskan prosedur memasang prosesor pada mainboard!
2. Jelaskan prosedur memasang ram pada mainboard !


Kunci Jawaban:
1. Cara memasang prosesor yang benar harus disesuaikan dengan tipe soket atau slot yang ada pada main board, generasi prosesor Pentium I,II,III, atau IV menentukan tipe main board yang digunakan, harus diperhatikan tanda kaki-kaki yang sesuai antara prosesor dengan main boardnya
2. Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.
Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.
Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut :
Jenis SIMM
Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
Masukkan Jenis – Jenis Ram- edo ram, SD Ram, DD Ram dll
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
.

PEDOMAN PENILAIAN


No Nomor Soal Bobot Skor Nilai max
1 Soal No 1 4 0 -10 40
2 Soal No 2 6 0 -10 60
Jumlah 100



Nilai Akhir = Jumlah Perolehan nilai
10
Kerja Siswa
Kelompok :
Nama : 1.......................................................
2......................................................
3......................................................
4.......................................................

Tidak ada komentar: