RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Pengukuran listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan ) MHP
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1,2,3
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.1Memahami konsep pengukuran
besaran-besaran listrik.
Indikator : 1.Mengidentifikasi
sistem satuan Internasional (SI Unit) sesuai
dengan
standar Internasional.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang konsep pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1.Mengidentifikasi sistem satuan Internasional
(SI) sesuai dengan standar Internasional.
II. Materi Pembelajaran
1. Sistem satuan Internasional (SI Unit).
2 Daftar
satuan international
3. Proton dan elektron
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah
pembelajaran
1. Pertemuan
ke 1
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memberikan pertanyaan tentang sistem satuan sesuai
kompetensi yang siswa miliki.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan,
aktif, kreatif dalam menanggapi penjelasan tentang besaran listrik.
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi sistem satuan Internasional (SI
Unit) sesuai dengan standar
internasional.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantaapan materi belajar
·
Evaluasi
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
. Membuat nilai hasil analisa satuan Standar
Internasional.
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 2 dan 3
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
· Memperlihatkan tabel
besaran-besaran listrik.
· Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi lambang dan satuan yang digunakan dalam
bidang teknik dan ilmu pengetahuan sesuai dengan standar IEC.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanyajawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
Menilai hasil pengisian tabel satuan sesuai dengan
besaran listrik.
Membuat analisa praktek
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial,
pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Internet
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel penghubng
3. Terminal
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4.
Internet
VI. Penilaian
A. Jenis
tes
Tes
tertulis
Tes unjuk
kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan pengertian sistem satuan international!
2. Buat daftar / tabel satuan
Internasional!
3. Apa yang dimaksud proton!
4. Apa yang dimaksu dengan elektron!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati Titin
Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP
196203311988032002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 4.5.6
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.1Memahami konsep pengukuran
besaran-besaran listrik.
Indikator : 2. Mengidentifikasi lambang
dan satuan yang digunakan dalam
bidang
teknik dan ilmu pengetahuan diidentifikasi sesuai dengan standar IEC.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang konsep pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Menggunakan lambangdalam bidang teknik.
2. Menggunakan satuan dalam bidang teknik dan ilmu
pengetahuan
II. Materi
Pembelajaran
1. Lambang dalambidang teknikdan ilmu pengetahuan
2. Satuan dalam bidang teknik dan ilmu
pengetahuan.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 4
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan lambang besaran listrik
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi satuan besaran listrik.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi belajar
·
Evaluasi
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil identifikasi besaran listrik.
·
Penutup
4.
Pertemuan ke 5 dan 6
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan beeentuk tabel besaran listrik.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
. Menjelaskan satuan dan lambang satuan besaran listrik
·
Penjelasan materi baru
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat hasil laporan analisa identifikasi satuan dan
lambang satuan besaran
listrik.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
.
Bahan :
1. Modul
2.
Kabel penghubng
3.
Terminal
Sumber
belajar :
1.
Alat-alat kelistrikan
2.
Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku
manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen
Menyelesaikan latihan soal-soal.
c. Instrumen
soal
1. Buat tabel jenis besaran-besaran listrik!
2. Buat daftar / tabel satuan
Internasional!
3. Buat daftar / tabel lambang dari besaran
listrik!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati,M.M Titin
Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP
196203311988032002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 7.8.9
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.1Memahami konsep pengukuran
besaran-besaran listrik.
Indikator : 3. Mengidentifikasi grafik simbol sesuai dengan standar IEC.
4. Menjelaskan alat ukur kumparan putar sesuai dengan
fungsi dan prinsip kerjanya.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang konsep pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Mengidentifikasi grafik simbol sesuai dengan
standar IEC.
2. Menjelaskan alat ukur kumparan putar sesuai
dengan fungsi dan prinsip kerjanya.
II. Materi Pembelajaran
.
1. Lambang dalambidang teknikdan ilmu pengetahuan
2. Satuan dalam bidang teknik dan ilmu
pengetahuan.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 7.
A.
Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Apresiasi
·
Memperlihatkan gambar grafik simbol
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi grafik simbol sesuai dengan standar IEC.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar praktek
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan kerja gambar grafik simbol.
·
Penutup
4.
Pertemuan ke 8 dan 9
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar alat ukur kumparan putar.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Menjelaskan alat ukur kumparan putar sesuai dengan fungsi
dan prinsip kerjanya serta SOP.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
. Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat hasil laporan analisa alat ukur kumparan putar
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
.
Bahan :
1. Modul
2.
Kabel penghubng
3.
Terminal
Sumber
belajar :
1.
Alat-alat kelistrikan
2.
Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku
manual
4. Internet
5. Alat ukur kumparan putar.
VI. Penilaian
a. Bentuk
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen
Menyelesaikan latihan soal-soal.
c. Instrumen
soal
1.
Sebutkan dan tuliskan siimbol besaran listrik!
2.
Buatlah daftar table symbol besaran listrik!
3. Tuliskan alat ukur jenis kumparan putar!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli
2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati,M.M Titin
Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP 196203311988032002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X /
1
Pertemuan ke : 10.11.12
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan pengukuran besaran-besaran
listrik.
Indikator : Menggunakan Amper dan voltmeter sesuai dengan
fungsinya.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari tentang
pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Menggunakan Ampermeter sesuai
dengan fungsinya.
2. Menggunakan Voltmeter sesuai dengan fungsinya.
II. Materi Pembelajaran
1. Ampermeter dan
2. Voltmeter.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 10
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Menunjukkan alat ukur Ampermeter
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
.Menggunakan Ampermeter pengukuran besaran listrik sesuai
dengan fungsinya.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pengukuran Ampermeter .
·
Pemberian tugas
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 11 dan 12
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Mempertunjukkan Voltmeter.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Menggunakan voltmeter pada pengukuran besaran listrik.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil analisa pengukuran dari alat ukur
voltmeter.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
6.
Ampermeter dan
7.
Volt meter
Bahan :
1.
Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen soal
Menyelesaikan latihan soal-soal.
c. Instrumen
1. Sebutkan dan tuliskan kegunaan
alat ukur ampermeter!
2. Apa kegunaan alat ukur voltmeter!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati,M.M Titin
Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP
196203311988032002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X /
1
Pertemuan ke :
13.14.15
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan pengukuran besaran-besaran
listrik.
Indikator : Mengidentifikasi klasifikasi dan tanda pada
alat ukur sesuai dengan standar IEC.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Mengidentifikasi klasifikasi
pada alat ukur sesuai dengan standar IEC.
2. Mengidentifikasi tanda pada alat ukur sesuai
dengan standar IEC.
II. Materi Pembelajaran
1. Klasifikasi pada alat ukur sesuai dengan
standar IEC.
2. Tanda pada alat ukur sesuai dengan standar IEC.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 13
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10
menit)
Apersepsi
·
Apresiasi
·
Mengajukan pertanyaan mengenai tanda-tanda pada alat
ukur.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Identifikasi klasifikasi pada alat ukur sesuai
standar IEC
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil
belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil klasifikasi alat ukur listrik.
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 14 dan 15
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
Mempertunjukkan
alat ukur listrik.
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi klasifikasi dan tanda pada alat ukur sesuai
dengan standar IEC.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
Membuat laporan hasil identifikasi klasifikasi dan
tanda pada alat ukur untuk
pemilihan alat ukur sesuai dengan standar IEC.
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial,
pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Ampermeter dan
7. Volt meter
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan kegunaan
alat ukur ampermeter dan voltmeter!
2. Lakukan identifikasi alat ukur sesuai standar
IEC!
3. Coba demonstrasikan penggunaan alat ukur
ampermeter dan voltmeter!
4. Melalui percobaan lakukan pengukuran arus dan
tegangan sesuai standar operasional!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli
2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati Titin Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP
196203311988032002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X /
2
Pertemuan ke : 1.2.3.4
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan pengukuran besaran-besaran
listrik.
Indikator : Membaca alat ukur sesuai dengan ketentuan yang
berlaku.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Membaca alat ukur listrik
sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2. Menentukan hasil
pengukuran hasil praktik.
II. Materi Pembelajaran
1. Pembacaan alat ukur listrik.
2. Menentukan nilai hasil pengukuran
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Apresiasi
·
Mengajukan pertanyaan mengenai alat ukur listrik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Penjelasan materi
·
Mendemonstrasikan pembacaan alat ukur Arus listrik
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
. Pemantapan materi belajar
·
. Evaluasi
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pembacaan alat ukur listrik.
·
Pemberian tugas
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Mempertunjukkan
alat ukur tegangan listrik.
·
. Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mendemonstrasikan pembacaan alat ukur tegangan listrik
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan
hasil pembacaan tegangan listrik
·
Pemaantapan materi
3.
Pertemuan ke 3
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Mempertunjukkan
alat ukur tahanan listrik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mendemonstrasikan pembacaan alat ukur tahanan listrik
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pembacaan tahanan listrik
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
4.
Pertemuan ke 4
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Mempertunjukkan
alat ukur AVO meter.
·
Membahas tugas / PR
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mendemonstrasikan pembacaan alat ukur AVO meter.
Elaborasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pembacaan alat ukur AVO meter.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6. Ampermeter dan
7. Volt meter
8. Ohm meter
9. Avo meter
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan cara
membaca alat ukur Ampermeter!
2. Tuliskan rumus untuk menentukan hasil dari
pembaacaan alat ukur Ampermeter!
3. Coba demonstrasikan pembacaan alat ukur
Ampermeter!
4. Demonstrasikan pembacaan alat ukur voltmeter!
5. Demonstrasikan pembacaan alat ukur Avometer!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati Titin Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP
196203311988032002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X /
2
Pertemuan ke : 5.6.7.8
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan pengukuran besaran-besaran
listrik.
Indikator : Mengukur arus listrik sesuai dengan SOP.
Mengukur tegangan
listrik sesuai dengan SOP
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Mengukur arus melalui percobaan
sesuai dengan SOP.
2. Mengukur tegangan melalui percobaan sesuai
dengan SOP.
II. Materi Pembelajaran
1. Mengukur arus listrik
2. Mengukur tegangan listrik
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 5 dan 6
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Simulasi penggunaan alat ukur listrik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengukur arus listrik melalui percobaan sesuai dengan
SOP.
Elaborasi
·
Tanya jawab
·
. Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan
hasil pengukuran arus listrik.
·
Pemberian tugas /
PR
·
Penutup
2. Pertemuan ke 7 dan 8
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Mempertunjukkan alat ukur listrik.
·
Membahas tugas /
PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengukur tegangan
listrik melalui percobaan sesuai dengan SOP.
Elaborasi
·
Tanya jawab,
pemberian tugas
·
Evaluasi hasil
belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan
hasil pengukuran tegangan listrik
·
Pementapan materi
secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Ampermeter dan
7. Volt meter
8. Ohm meter
9. Avo meter
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan cara
membaca alat ukur Ampermeter!
2. Tuliskan rumus untuk menentukan hasil dari
pembaacaan alat ukur Ampermeter!
3. Coba demonstrasikan pembacaan alat ukur
Ampermeter!
4. Demonstrasikan pembacaan alat ukur voltmeter!
5. Demonstrasikan pembacaan alat ukur Avometer!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati Titin Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP 196203311988032002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X /
2
Pertemuan ke : 9.10.11.12
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan pengukuran besaran-besaran
listrik.
Indikator : Mengukur besaran-besaran listrik dengan
multimeter sesuai SOP.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
1. Mengukur besaran listrik, yaitu arus listrik
dengan multimeter
2. Mengukur besaran listrik, yaitu tegangan
listrik AC dan DC dengan multimeter.
3. Mengukur besaran listrik, yaitu Ohm meter
dengan multimeter.
II. Materi Pembelajaran
1. Mengukur arus listrik
2. Mengukur tegangan listrik AC dan DC
3. Mengukur tahanan listrik
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 9
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Simulasi penggunaan alat ukur listrik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mengukur arus listrik dengan multimeter melalui percobaan
sesuai dengan SOP.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi belajar
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan
hasil pengukuran arus listrik.
·
Penutup
2. Pertemuan
ke 10 dan 11
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
1. Mempertunjukkan
alat ukur listrik.
2. Membahas tugas / PR
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
1. Mengukur
tegangan listrik AC dan DC dengan multimeter melalui percobaan sesuai
dengan
SOP.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pengukuran tegangan listrik AC dan
DC
·
Pemberian tugas / PR
3. Pertemuan ke 12
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Simulasi penggunaan alat ukur listrik.
B. Kegiatan inti (50
menit)
Eksplorasi
·
Mengukur tahanan listrik dengan multimeter melalui
percobaan sesuai dengan SOP.
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
. Membuat laporan hasil pengukuran tahanan listrik.
·
Pemantapan materi secara keselurruhan, remedial,
pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Multimeter
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Demonstrasikan pengukuran arus
listrik dengan menggunakan multimeter sesuai
dengan SOP!
2. Demonstrasikan pengukuran tegangan listrik AC dan DC dengan
multimeter sesuai
dengan SOP!
3. Demonstrasikan pengukuran
tahan listrik dengan menggunakan multimeter sesuai
dengan SOP!
4. Tentukan hasil pengukuran
melalui perhitungan dengan menggunakan rumus hukum
Ohm!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati Titin Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP 196203311988032002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 13.14.15 16
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan
Hasil Pengukuran.
Kompetensi dasar : 2.3 Mengggunakan hasil pengukuran
besaran-besaran listrik.
Indikator :
1. Kesalahan
dan ketelitian dipahami sesuai dengan standar yang
berlaku.
2. Alat
ukur listrik ditera sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang hasil pengukuran besaran-besaran listrik,siswa dapat:
.
1. Menjelaskan kesalahan dan ketelitian sesuai
dengan standar yang berlaku.
3. Menera alat ukur listrik sesuai dengan
ketentuan yang berlaku.
II. Materi
Pembelajaran
1. Kesalahan dan ketelitian.
2. Menera alat ukur listrik.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 13 dan 14
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan alat ukur Multimeter
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Menentukan kesalahan dan ketelitian melalui percobaan
sesuai dengan standar yang berlaku.
Elaborasi
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi belajar
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat analisis kesalahan dan ketelitian pengukuran
melalui percobaan sesuai dengan standar yang berlaku.
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 15 dan 16
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memberikan pertanyaan tentang kesalahan dan ketelitian pengukuran
besaran
listrik.
·
Membahas tugas / PR
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Mendemonstrasikan peneraan alat ukur melalui percobaan
sesuai dengan ketentuan yang berlaku. .
Elaborasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil percobaan peneraan alat ukur
melalui percobaan.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Multimeter
7.
Sumber tegangan (Power supplay )
.
Bahan :
1. Modul
2. Kabel NYA
3. Saklar
4. Lampu pijar
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5.
Multimeter
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Melakukan percobaan
peneraan alat ukur sesuai dengan
ketentuan yang berlaku.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan kegunaan
alat ukur multimeter untuk pengukuran besaran
listrik!
2.Tentukan penyebab kesalahan
dan ketelitian alat ukur melalui percobaan pengukuran
sesuai
dengan standar!
3. Demonstrasikan peneraan alat ukur melalui
percobaan sesuai dengan ketentuan yang
berlaku!
d. Kunci
jawaban Soal
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2010
Mengetahui Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
Dra.Hj.Hernawati,M.M Titin
Martini
Pembina NIP196503281991032004
NIP 196203311988032002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar