RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1 dan 2, 3 dan 4
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengaplikasikan
rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.1 Memahami konsep rangkaian listrik
Indikator : 1. Menjelaskan hukum-hukum kelistrikan rangkaian
DC dan AC
sesuai dengan
konsep rangkaian listrik DC dan AC dengan benar
sesuai dengan aturan konversi
serta fungsinya.
2. Menjelaskan komponen
pasif sesuai dengan karakteristik
komponen.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang konsep rangkaian listrik,siswa dapat ;
1. Menjelaskan Hukum-hukum kelistrikan
rangkaian listrik DC dan AC sesuai konsep
rangkaian DC dan AC dengan benar sesuai dengan
aturan konversi serta fungsinya.
2. Menjelaskan komponen pasif
sesuai dengan karakteristik komponen.
II. Materi Pembelajaran
1. Konsep rangkaian listrik yang diaplikasikan
untuk memecahkan masalah-masalah
kelistrikan
2. Hukum-hukum kelistrikan rangkaian DC dan
AC.
3. Karakteristik komponen pasif.
.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 1 dan 2
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Simulasi rangkaian listrik DC dan AC
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
· Guru menjelaskan konsep
dasar rangkaian listrik sesuai dengan konsep dasar
dan karakteristiknya.
·
Guru menjelaskan hukum-hukum kelistrikan rangkaian listrik
AC dan DC.
Elaborasi
·
Siswa dapat menerapkan konsep dasar rangkaian listrik
sesuai dengan konsep dasar dan karakteristiknya melalui praktik.
·
Siswa dapat menjelaskan hukum-hukum kelistrikan rangkaian
listrik AC dan DC.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan akhir (30 menit)
·
Mengidentifikasi komponen pasif.
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 3 dan 4
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar rangkaian listrik DC dan
·
Listrik AC
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan komponen pasif sesuai dengan
karakteristiknya
Elaborasi
·
Siswa dapat mengidentifikasi komponen pasif sesuai dengan
karakteristiknya.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
pemberian tugas
·
Evaluasi hasil
belajar
C. Kegiatan akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil kerja rangkaian listrik DC dan AC.
·
Pemantapan secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer Basic Electrical
.
Bahan :
1. Modul
2.
Resistor, Kapasitor, Induktor, Transistor dll
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan (Alat
Pertukangan Listrik).
2. Bahan-bahan kelistrikan
(Bahan Pertukangan Listrik).
3. Buku manual (Ir. Subiyanto ; Rambiyono. 1978. Petunjuk Praktik Dasar
Elektronika:
Hal
1-7).
4. Internet
VI. Penilaian
a.
Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen Soal
1. Sebutkan dan Tuliskan definisi
DC dan AC!
2.Tuliskan macam-macam komponen pasif pada
rangkaian listrik DC!
3 Coba tuliskan hukum-hukum kelistrikan rangkaian
listrik DC!
4.Coba tuliskan hukum-hukum kelistrikan rangkaian
listrik AC!
5.Jelaskan komponen pasif sesuai dengan karakteristiknya!
d. Kunci
jawaban Soal
1. Aliran Listrik Searah dan Aliran Listrik
Bolak-balik
2 Transistor, Capasitor, Resistor, Saklar, Transformator,
Rele.
3 Elektron mengalir elektroda positif ke elektroda
negatif, tidak boleh terbalik arahnya.
4 Elektron mengalir secara bolak-balik, boleh
terbalik arahnya.
5 Komponen semikonduktor, tidak dapat secara
langsung menghantarkan arus listrik.
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd. Titin Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian Listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 5 dan 6. 7 dan 8. 9 dan 10
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengaplikasikan
rangkaian listrik
Kompetensi dasar : 2.2 Mengaplikasi rangkaian listrik arus
searah.
Indikator :
1. Dapat memahami hukum Ohm dengan benar
sesuai buku
referensi.
2.
Menjelaskan rangkaian seri dan paralel dengan benar sesuai
buku referensi.
3. Mengukur tegangan Listrik dan arus Listrik sesuai
SOP.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
selesai mempelajari tentang konsep rangkaian listrik arus searah, siswa dapat ;
1. Mengerti
hukum Ohm dengan benar sesuai dengan buku referensi.
2. Menjelaskan rangkaian seri dan paralel dengan
benar sesuai buku referensi.
3. Mengukur tegangan dan arus sesuai SOP.
II. Materi Pembelajaran
1. Hukum
Ohm
2.
Rangkaian seri dan paralel
3.
Pengukuran tegangan dan arus
.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 5 dan 6
A.
Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Pre test mengukur kompetensi siswa terhadap hukum Ohm.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan definisi hukum Ohm dengan simulasi
Elektronic Workbench.
·
Guru menjelaskan rumus hukum Ohm
·
Guru menjelaskan uji coba hukum Ohm melalui simulasi
elektronik.
Elaborasi
·
Siswa mengetahui bunyi hukum Ohm
·
Siswa dapat menuliskan rumus hukum Ohm
·
Siswa dapat menerapkan rumus hukum Ohm
·
Siswa dapat menguji coba hukum Ohm dengan simulasi
elektronik
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat definisi
hukum Ohm hasil simulasi elektronik.
·
Pemberian tugas /
PR
·
Penutup
2. Pertemuan ke 7 dan 8
A. Kegiatan Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memberikan pertanyaan berkaitan dengan pertemuan awal.
·
Membahas tugas /
PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan rangkaian seri dan paralel dibuktikan
dengan simulasi Electronic Workbench
Elaborasi
·
Siswa dapat membedakan rangkaian seri dan paralel.
·
Siswa dapat membuktikan prinsip rangkaian seri dan
paralel.
·
Siswa dapat membuktikan melalui simulasi elektronik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
·
Melakukan simulasi elektronik.
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat hasil analisa rangkaian seri dan paralel.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan,
·
Remedial,
·
Pengayaan
3.
Pertemuan ke 9 dan 10
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar simulasi pengukuran tegangan dan
arus listrik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan tentang pengukuran tegangan listrik
·
Dan Arus listrik
Elaborasi
·
Siswa dapat mengukur tegangan listrik.
·
Siswa dapat mengukur arus listrik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi (Mengukur tegangan listrik dan arus
listrik).
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil kerja praktik pengukuran tegangan
dan arus listrik.
·
Penutup
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat
:
1. Tool sheet alat tangan
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Komputer
6. Volt meter
7. Amper meter
Bahan :
1. Modul
2. Buku gambar/ kertas gambar
3.
Penghubung
Sumber belajar :
1. Alat-alat
2. Bahan-bahan
3. Buku manual (Drs. Kismet Fadilah; Drs. Murdono;
M.E.Chaeruddin Dalimunte,1999. Ilmu Listrik. Hal 27-35)
4. Internet
VI. Penilaian
a. Bentuk tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Sebutkan dan tuliskan definisi hukum Ohm dengan
benar!
2. Buat uraian dan tuliskan hasil analisa
rangkaian seri!
3. Buat uraian dan tuliskan hasil analisa
rangkaian paralel!
4. Tuliskan dalam tabel pengukuran dari hasil
praktik pengukuran tegangan listrik!
5. Tuliskan dalam tabel pengukuran dari hasil
praktik pengukuran arus listrik!
6.Tuliskan rumus hukum Ohm!
7.Melakukan pengukuran pada rangkaian listrik
seri!
8.Melakukan pengukuran pada rangkaian listrik
paralel!
d. Kunci
Jawaban Soal
1.Diantara dua titik yang
berbeda tegangan dihubungkan dengan kawat penghantar
maka arus akan mengalir dari arah positif ke arah
negatif, apabila tegangan dinaikkan dua
kali lipat, ternyata arus yang mengalir juga naik dua kali lipat.
2.Rangkaian seri dimaksud ialah
beberapa resistor dihubungkan secara berturut-turut, yaitu ujung akhir resistor
pertama disambung dengan ujung awal resistor ke dua.
3 Beberapa resistor secara bersama dihubungkan
pada suatu tegangan yang sama.
4 Hasil Praktik Pengukuran tegangan Listrik.
5 Hasil Praktik Pengukuran Arus Listrik.
6 U=I.R, R=U/I, I=U/R
7 Praktik pengukuran pada rangkaian listrik seri.
8 Praktik pengukuran pada rangkaian listrik
paralel.
e. Skor
SA =Jumlah Nilai/ Nilai Maksimum x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 11 dan 12. 13 dan 14. 15 dan 16
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.2 Mengaplikasi rangkaian listrik arus
searah
Indikator :
1. Dapat memahami hukum Kirchoff dengan
benar sesuai buku
referensi.
2. Menghitung percabangan arus dengan benar
sesuai buku referensi
3. Menjelaskan rangkaian
jembatan whitestone dalam keadaan seimbang dengan benar sesuai buku referensi.
4. Menjelaskan
teorema dua kutub:teori superposisi,teori tevenin,teori millman,teori
reciproprocity dengan benar sesuai dengan referensi.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang aplikasi rangkaian listrik arus
searah,siswa dapat ;
1. Menjelaskan Hukum kirchoff
dengan benar sesuai dengan buku referensi.
2. Menghitung arus cabang dengan benar sesuai buku
referensi.
3. Menjelaskan rangkian jembatan
whitestone dalam keadaan seimbang dengan benar sesuai buku referensi.
4. Menjelaskan teorema dua kutub melalui
teori-teori dengan benar sesuai dengan referensi.
II. Materi Pembelajaran
1. Hukum kirchoff
2. Percabangan arus.
3. Rangkaian jembatan whiteston dalam keadaan
seimbang,
4. Teorema dua kutub: teori
superposisi,teori tevenin,teori millman,teori reciproprocity dengan
benar sesuai dengan referensi.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 11 dan 12
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memberikan pertanyaan bunyi hukum kirchoff.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan hukum kirchoff dengan simulasi trainer
elektronik
·
Guru menjelaskan menghitung percabangan arus dengan metode
hukum kirchof
Elaborasi
·
Siswa mengetahui prinsip hukum kirchof.
·
Siswa dapat menggunakan rumus hukum kirchof.
·
Siswa dapat menerapkan rumus hukum kirchof,
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi belajar
·
Evaluasi hasil belajar .
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil perhitungan arus cabang dengan
berbagai metode.
·
Pemberian tugas
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 13 dan 14
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
Memperlihatkan contoh gambar rangkaian
jembatan whitestone
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan menghitung percabangan arus dengan metode
hukum kirchof
·
Guru menjelaskan jembatan whiteston dalam keadaan
seimbang dengan
simulasi trainer elektronik.
Elaborasi
·
Siswa mengetahui prinsip jembatan whiteston.
·
Siswa dapat menyebutkan bunyi teori superposisi.
·
Siswa dapat menyebutkan bunyi teori tevenin.
Konfirmasi
·
Tanya jawab, pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan analisa rangkaian dan teori dngan
simulasi
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
3.
Pertemuan ke 15 dan 16
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Gambar transformasi hubungan segitigs-bintang dan bintang
segitiga dengan trainer elektronik.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan teorema dua kutub: Teori
superposisi,teori tevenin,teori teori Millman,teori reciprocity dengan simulasi
trainer elektronik.
·
Guru menjelaskan tentang transformasi segitiga-bintang
dan bintang –segitiga dengan trainer elektronik.
Elaborasi
·
Siswa mengetahui transformasi segitiga-bintang dan
bintang-segitiga melalui trainer elektronik.
·
Siswa dapat mengetahui Teori superposisi,teori tevenin,teori
teori Millman,teori reciprocity dengan simulasi trainer elektronik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Pemantapan materi belajar
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan analisa transformasi segitiga-bintang dan
bintang-segitiga.
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
Bahan :
1. Modul
2.
Resistor R1, R2 , R3 dst
Sumber belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3.
Buku manual . Buku manual (Drs. Kismet Fadilah; Drs. Murdono; M.E.Chaeruddin
Dalimunte,1999. Ilmu Listrik. Hal 27-35)
4. Internet
5. Simulasi Elektronic Workbench.
VI. Penilaian
a. Jenis tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen
1. Jelaskan bunyi hukum
kirchoff !
2. Tentukan rumus untuk menhitung Arus cabang
sesuai dengan berbagai metode!
3. Uraikan dengan jelas definisi kwantitas
daya listrik!
4. Tentukan nilai daya sesuai dengan rumus melalui
perhitungan !
5. Lakukan percobaan pengukuran daya maksimum
dengan trainer elektronik!
d. Kunci
Jawaban soal
1.
2.
3.
4.
5.
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 17 dan 18. 19 dan 20
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.2 Mengaplikasi rangkaian listrik arus searah
Indikator : 1. Memahami definisi dan
kwantitas daya dengan benar sesuai buku
referensi.
2. Guru menjelaskan tentang perpindahan daya maksimum dengan trainer
basic elektronik.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang aplikasi rangkaian listrik arus searah,
siswa dapat ;
1. Memahami definisi dan kwantitas daya dengan benar sesuai buku referensi.
2. perpindahan daya maksimum dengan trainer basic
elektronik.
II. Materi Pembelajaran
1. Definisi dan
kwantitas daya.
2. Perpindahan
daya maksimum.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 17 dan 18
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memberikan pertanyaan tentang daya listrik
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B.
Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan definisi dan kwantitas daya dengan
trainer basic elektronik.
Elaborasi
·
definisi dan kwantitas daya melalui uji coba trainer basic.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan definisi dan kwantitas daya hasil uji
coba
· Penutup
2. Pertemuan
ke 19 dan 20
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan tentang
perpindahan daya maksimum dengan trainer basic elektronik.
Elaborasi
·
Siswa dapat memahami perpindahan daya maksimum melalui
uji coba trainer basic elektronik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
· Membuat laporan hasil
perpindahan daya maksimum dengan trainer basic elektronik.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
6.
Oscilosscope
.
Bahan :
1. Modul
2. Penghubung
3. Papan
hubung
Sumber
belajar
:
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5.
Simulasi Elektronic Workbench.
VI. Penilaian
a. Jenis
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Jelaskan definisi daya
listrik!
2. Uraikan dengan benar tentang
kwantitas daya listrik!
3. Analisa perpindahan daya
maksimum dengan uji coba dengan trainer basic!
d. Kunci Jawaban
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 1 dan 2. 3 dan 4
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.3 Mengaplikasi
rangkaian listrik arus bolak-balik.
Indikator :
1.Memahami konsep bentuk gelombang dengan benar sesuai
buku referensi.
2.Memahami tegangan bentuk sinus dengan benar sesuai buku
referensi.
3.Memahami frekwensi amplitudo dan penyearahan dengan
benar sesuai buku referensi.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang aplikasi rangkaian listrik arus
bolak-balik,siswa dapat ;
1. Menjelaskan konsep bentuk
gelombang listrik dengan benar sesuai referensi.
2. Menguraikan bentuk sinus gelombang listrik
dengan benar sesuai referensi.
3. Menjelaskan penyearahan frekwensi amplitudo
dengan benar sesuai referensi.
II. Materi Pembelajaran
1. Konsep bentuk gelombang
2. Tegangan bentuk sinus
3. Frekwensi amplitudo dan
penyearahan
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 1 dan 2
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
Siswa
bertanya tentang macam-macam gelombang listrik
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan konsep bentuk gelombang sinus dengan simulasi
elektronic dan trainer.
·
Guru menjelaskan tegangan dalam bentuk gelombang sinus
simulasi elektronic dan trainer.
Elaborasi
·
Siswa dapat mengetahui konsep bentuk gelombang melalui
uji coba simulasi elektronik dan trainer.
·
Siswa dapat menggambarkan tegangan dalam bentuk gelombang
sinus melalui simulasi elektronik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil simulasi bentuk gelombang sinus
tegangan listrik.
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2. Pertemuan
ke 3 dan 4
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Rangkaian frekwensi amplitudo dan penyearahan.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan frekwensi amplitudo dan penyearahan.
Elaborasi
·
Siswa dapat memahami frekwensi amplitudo dan penyearahan.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil uji coba frekwensi amplitudo dan
penyearahan
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
6.
Oscilosscope
.
Bahan :
1. Modul
2. Penghubung
3. Papan
hubung
Sumber
belajar
:
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5.
Simulasi Elektronic Workbench.
VI. Penilaian
a. Jenis
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen soal
1. Jelaskan konsep dasar bentuk gelombang sinus !
2. Gambarkan bentuk gelombang
sinus dalam satu prioda!
3. Gambarkan hasil uji coba
tegangan listrik dalam bbentuk satu
lgelombang sinus!
d. Kunci Jawaban
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru mata
pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 5 dan 6. 7 dan 8. 9 dan 10
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.3 Mengaplikasi
rangkaian listrik arus bolak-balik.
Indikator :
1.Memahami konsep dasar rangkaian arus bolak-balik dengan
benar sesuai buku referensi.
2.Menjelaskan rangkaian seri RL,RC dan RLC dengan benar sesuai buku referensi.
3.Menjelaskan bilangan komplek dengan benar sesuai buku
referensi.
4.Menjelaskan resonansi seri dengan benar sesuai buku referensi.
5.Menjelaskan rangkaian paralel RL,RC,dan RLC dengan benar sesuai buku referensi.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari
tentang aplikasi rangkaian listrik arus
bolak-balik,siswa dapat ;
1. Menjelaskan konsep dasar rangkaian arus
bolak-balik dengan benar sesuai referensi.
2. Menjelaskan rangkaian seri RL,RC dan RLC dengan
benar sesuai referensi.
3. Menjelaskan bilangan komplek dengan benar
sesuai referensi.
4. Menjelaskan resonansi seri dengan benar sesuai
referensi.
5. Menjelaskan rangkaian paralel RL,RC,dan RLC
dengan benar sesuai referensi.
II. Materi Pembelajaran
1. Konsep dasar rangkaian arus bolak-balik.
2. Rangkaian seri RL,RC,dan RLC
3. Bilangan komplek
4. Resonansi seri
5. Rangkaian paralel RL,RC, dan RLC
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 5 dan 6
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
Siswa
bertanya tentang macam-macam gelombang listrik arus bolak-balik
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan konsep dasar rangkaian
arus bolak-balik dengan benar sesuai buku referensi.
·
Guru menjelaskan rangkaian seri RL,RC dan RLC dengan benar sesuai
buku referensi.
Elaborasi
·
Siswa dapat menjelaskan konsep dasar rangkaian arus bolak-balik dengan benar
sesuai buku referensi.
·
Siswa menjelaskan rangkaian seri RL,RC dan RLC dengan benar sesuai buku referensi.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil praktik rangkaian seri RL,RC dan RLC
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 7 dan 8
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar rangkaian seri
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi.
·
Guru menjelaskan bilangan komplek dengan benar sesuai
buku referensi.
·
Menjelaskan resonansi seri dengan benar sesuai buku referensi.
Elaborasi
·
Siswa dapat menyelesaikan bilangan komplek dengan benar
sesuai buku referensi.
·
Menjelaskan resonansi seri dengan benar sesuai buku referensi.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan penyelesaikan bilangan komplek dengan
benar sesuai buku referensi.
·
Membuat laporan resonansi seri dengan benar sesuai buku referensi.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
3.
Pertemuan ke 9 dan 10
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar rangkaian paralel
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan resonansi paralel RL
·
Guru menjelaskan rangkaian paralel RC,
·
dan RLC.
Elaborasi
·
Siswa dapat memahami resonansi paralel RL.
·
Siswa dapat menghubungkan rangkaian paralel RL,
·
Siswa dapat menghubungkan rangkaian paralel RC,
·
Dan Siswa dapat menghubungkan rangkaian paralel RLC,
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasilanalisa rangkaian paralel RL,RC,RLC .
·
Penutup
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2. Buku teks
3. Buku manual
4. Lembar kerja
5. Trainer
Basic Electrical
6.
Oscilosscope
.
Bahan :
1. Modul
2. Penghubung
3. Papan
hubung
Sumber
belajar
:
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5.
Simulasi Elektronic Workbench.
VI. Penilaian
a. Jenis
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan soal-soal.
c. Instrumen soal
1.
2.
3.
4.
5.
d. Kunci Jawaban
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 11 dan 12. 13 dan 14. 15 dan 16
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.3 Mengaplikasi
rangkaian listrik arus bolak-balik.
Indikator :
1. Menjelaskan resonansi paralel dengan benar sesuai buku
referensi.
2. Memahami daya arus bolak-balik dengan
benar sesuai buku
referensi.
3. Mengukur daya pada rangkaian arus
bolak-balik dengan benar
sesuai SOP.
4. Memahami rangkaian tiga phasa dengan benar
sesuai buku
referensi.
5. Menjelaskan beban hubungan bintang dan segitiga
seimbang
dan tidak
seimbang dengan benar sesuai buku referensi.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari tentang aplikasi rangkaian listrik arus bolak-balik,siswa dapat
;
1. Menjelaskan
resonansi paralel dengan benar sesuai buku
referensi.
2. Mengerti tentang daya pada rangkaian arus
bolak-balik dengan benar sesuai buku
referensi.
3. Mengukur daya pada rangkaian arus bolak-balik
dengan benar sesuai SOP.
4. Menjelaskan rangkaian tiga phasa dengan benar
sesuai buku referensi.
5. Menjelaskan beban hubungan bitang-segitiga seimbang
dan tidak seimbang dengan
benar
sesuai buku referensi.
II. Materi Pembelajaran
1. Resonansi paralel
2. Daya arus bolak-balik
3. Pengukuran daya pada rangkaian arus bolak-balik
4. Rangkaian tiga phasa
5. Beban hubungan bintang dan segitiga seimbang dan tidak seimbang.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 11 dan 12
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Penjelasan awal resonansi.
·
Memperlihatkan gambar alat ukur daya
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan resonansi paralel.
·
Guru menjelaskan daya arus bolak-balik.
Elaborasi
·
Siswa dapat memahami pengertian resonansi paralel
·
Siswa dapat mengukur daya arus bolak-balik.
·
Siswa dapat menghitung daya arus bolak-balik.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Melakukan perhitungan daya arus bolak-balik
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 13 dan 14
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar pemasangan alat ukur watt meter.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan daya pada rangkaian arus bolak-balik
dengan berbagai metoda pengukuran.
·
Guru menjelaskan rangkaian tiga phasa.
Elaborasi
·
Siswa dapat memahami daya pada rangkaian arus bolak-balik
dengan berbagai metode pengukuran.
·
Siswa dapat melakukan pengukuran arus bolak-balik.
·
Siswa dapat merangkai tiga fasa.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil pengukuran rangkaian arus
bolak-balik.
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial, pengayaan
3.
Pertemuan ke 15 dan 16
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar simulasi bintang-segitiga.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan beban hubungan bintang dan
·
Segitiga seimbang dengan simulasi elektronic.
Elaborasi
·
Siswa dapat memasang beban hubungan bintang dan
·
Siswa dapat memasang beban hubungan segitiga seimbang.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil analisa beban hubungan
bintang-segitiga.
·
Penutup
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Watt meter
.
Bahan :
1. Modul
2. Penghubung
Sumber
belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5. Simulasi Elektronic Workbench.
6. Trainer basic elektrical
VI. Penilaian
a. Jenis
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen
1.Tentukan daya arus bolak-balik
berdasarkan rumus daya secara perhitungan!
2. Lakukan percobaan pengukuran
daya arus bolak-balik dengan alat ukur watt meter!
3. Jelaskan yang dimaksud
rangkaian tiga phasa!
4. Lakukan analisa beban hubungan
bintang-segitiga seimbang dengan simulasi!
5. Lakukan analisa beban hubungan
bintang-segitiga tidak seimbang dengan simulasi!
d. Kunci Jawaban
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang
Mata pelajaran : Rangkaian listrik ( Dasar Kompetensi
Kejuruan )
Kelas / Semester : X / 2
Pertemuan ke : 17 dan 18. 19 dan 20.
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Mengaplikasikan rangkaian listrik (MRL).
Kompetensi dasar : 2.4 Mengaplikasikan rangkaian kemagnitan dan
elektrostatika
Indikator :
1. Memahami konsep medan magnit sesuai dengan konsep dan
hukum-hukum kemagnitan.
2. Memahami ferromagnetik: bahan ferromagnetik,
hysterisis sesuai dengan
karakteristiknya.
3. Mengaplikasikan rangkaian kemagnetan: fluksi magnet
pada inti non magnetik, fluksi magnit pada inti bahan magnit, kurva B-H,
kebocoran fluksi sesuai dengan fungsinya.
4. Menjelaskan induksi dan induktansi: prinsip motor
listrik dan generator, hukum induksi, induktansi sesuai dengan karakteristik
dan fungsinya.
5. Menjelaskan induksi elektrostatika: Induksi
elektrostatis, hukum coulom, kuat medan magnit, bidang equipotensial, potensial
listrik sesuai dengan karakteristik dan funfsinya.
6. Menjelaskan kapasitor dan kapasitansi: definisi
kapasitansi, kapasitansi dua pelat paralel, arus bocor, hubungan seri dan
paralel kapasitor sesuai dengan karakteristik dan fungsinya.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mempelajari tentang aplikasi rangkaian kemagnitan dan elektrostatika, siswa dapat ;
1. Memahami
konsep medan magnit sesuai dengan konsep dan hukum-hukum kemagnitan.
2. Memahami ferromagnetik: bahan ferromagnetik,
hysterisis sesuai dengan
karakteristiknya.
3. Mengaplikasikan
rangkaian kemagnetan: fluksi magnet pada inti non magnetik, fluksi magnit pada
inti bahan magnit, kurva B-H, kebocoran fluksi sesuai dengan fungsinya.
4. Menjelaskan induksi
dan induktansi: prinsip motor listrik dan generator, hukum induksi, induktansi
sesuai dengan karakteristik dan fungsinya.
5. Menjelaskan induksi
elektrostatika: Induksi elektrostatis, hukum coulom, kuat medan magnit, bidang
equipotensial, potensial listrik sesuai dengan karakteristik dan funfsinya.
6. Menjelaskan kapasitor
dan kapasitansi: definisi kapasitansi, kapasitansi dua pelat paralel, arus
bocor, hubungan seri dan paralel kapasitor sesuai dengan karakteristik dan
fungsinya.
II. Materi Pembelajaran
1. Konsep medan magnit:
medan magmit dan arus listrik, fluksi magnit, kerapatan fluksi,
Kuat medan
magnit.
2. Ferromagnetik:
bahan ferromagnetik, hysterisis.
3. Rangkaian kemagnitan: fluksi magnit pada inti
non magnit, fluksi magnit pada bahan
magnit, kurva B-H, kebocoran fluksi, aplikasi
rangkaian.
4. Induksi dan Induktansi: prinsip motor listrik
dan generator, hukum induksi, Induktansi.
5. Induksi elektrostatika:
Induksi elektrostatis, hukum coulom, kuat medan magnit,
equipotensial, potensial listrik.
6. Kapasitor dan kapasitansi: Definisi
kapasitansi, kapasitansi dua pelat paralel, arus
bocor,
hubungan seri dan paralel kapasitor.
III. Metode pembelajaran
1. Komunikasi ( Power Point )
2. Tanya jawab
3. Penugasan / Latihan
4. Unjuk kerja
5. Tutorial
IV. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan ke 17 dan 18
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Penjelasan awal motor listrik dan generator
·
Memperlihatkan motor listrik dan generator.
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan Konsep medan magnit
·
Guru menjelaskan bahan ferromagnetik, hysterisis.
·
Guru menjelaskan rangkaian kemagnitan: fluksi magnit pada
inti non magnit, fluksi magnit pada bahan magnit, kurva B-H, kebocoran fluksi,
aplikasi rangkaian.
Elaborasi
·
Siswa dapat menerapkan konsep medan magnit.
·
Siswa dapat mengerti bahan ferromagnetik.
·
Siswa dapat mengaplikasikan rangkaian kemagnitan.
Konfirmasi
·
Tanya jawab
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Melakukan perhitungan
·
Pemberian tugas / PR
·
Penutup
2.
Pertemuan ke 19 dan 20
A. Kegiatan
Pendahuluan/awal (10 menit)
Apersepsi
·
Memperlihatkan gambar rangkaian motor listrik dan
generator.
·
Membahas tugas / PR
Motivasi
·
Memberikan reward siswa yang dapat menjawab pertanyaan
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan prinsip motor listrik dan generator,
hukum induksi, Induktansi.
·
Guru menjelaskan Induksi elektrostatis, hukum coulom,
kuat medan magnit, equipotensial, potensial listrik.
·
Guru menjelaskan Definisi kapasitansi, kapasitansi dua
pelat paralel, arus bocor, hubungan seri dan paralel kapasitor
Elaborasi
·
Siswa dapat menjelaskan prinsip motor listrik dan
generator, hukum induksi, Induktansi.
·
Siswa dapat menyebutkan Induksi elektrostatis, hukum coulom, kuat
medan magnit, equipotensial, potensial listrik.
·
Siswa dapat mendefinisikan kapasitansi, kapasitansi dua
pelat paralel, arus bocor, hubungan seri dan paralel kapasitor.
Konfirmasi
·
Tanya jawab,
·
Pemberian tugas
·
Evaluasi hasil belajar
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Membuat laporan hasil
·
Pemantapan materi secara keseluruhan, remedial,
pengayaan
V. Alat dan bahan/ sumber belajar
Alat :
1. Tool sheet
2.
Buku teks
3.
Buku manual
4.
Lembar kerja
5.
Trainer Basic Electrical
6.
Watt meter
.
Bahan :
1. Modul
2. Penghubung
Sumber
belajar :
1. Alat-alat kelistrikan
2. Bahan-bahan kelistrikan
3. Buku manual
4. Internet
5. Simulasi Elektronic Workbench.
6. Trainer basic elektrical
VI. Penilaian
a. Jenis
tes
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
Menyelesaikan latihan
soal-soal.
c. Instrumen
1.Jelaskan konsep medan magnit
dengan benar!
2. Tuliskan bahan ferromagnetik
dengan benar!
3. Jelaskan apa perbedaan motor listrik
dan generator listrik!
4. Tuliskan bunyi hukum coulom
dengan benar!
5. Jelaskan definisi kapasitansi!
6. Tuliskan perbedaan hubungan
seri dan paralel kapasitor!
d. Kunci Jawaban
e. Skor
SA= Jumlah nilai /Nilai Mak x 100%
Palembang , Juli 2009
Diperiksa
Oleh; Guru
mata pelajaran
Wakasek Kurikulum
Woro Astuti, S.Pd.
Titin
Martini, S.Pd., M.Pd.
NIP 19670525199003 2 002 NIP196503281991032004
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra.Hj. Hernawati, M.M
Pembina
NIP 19620331198803 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar